Wednesday, April 23, 2008

Mengapa Hamas Dikucilkan

Politik luar negeri Amerika di Timur Tengah boleh jadi lentur dan mengikuti setiap rinci perubahan di lapangan, tapi ada beberapa strategi tetap yang menjadi acuannya. Salah satu poin strategi itu berbunyi: jangan sampai ada kekuatan bersenjata di luar kendali Amerika yang menjadi ancaman proyek-proyek besar Amerika di kawasan ini.

Inilah yang bisa menjelaskan kenapa Amerika merontokkan rezim Saddam Hussein di Irak, mengeluarkan tentara Suriah dari Lebanon, menyerang Hizbullah dengan menggunakan tentara Israel, mengucilkan Hamas dari segala perundingan tentang penyelesaian konflik Palestina dengan Israel dan berprasangka buruk terus menerus terhadap Iran, terutama menyangkut program nuklirnya.

Inilah yang menjelaskan kenapa Menlu Amerika mengecam pergerakan mantan presiden Jimmy Carter yang membuka pembicaraan dengan Hamas dan mengunjungi Presiden Suriah, Basyar Asad. Yang penguasa Amerika inginkan di kawasan ini adalah ketundukan total dan kekuatan militer yang berada dibawah pengawasan dan kendali Amerika.

No comments: